Saturday, March 10, 2012

Tips Mengatasi dan Mengobati Asam Urat

Mengobati asam urat merupakan tantangan tersendiri bagi kita, berikut tips dan cara-cara yang bisa anda terapkan untuk mengobati asam urat anda. Asam urat merupakan hasil metabolisme terhadap protein khusus di dalam tubuh yang bernama purin. Umumnya asam urat akan dibuang oleh tubuh melalui ginjal. Ginjal memegang peranan yang besar dalam mengatur keseimbangan kadar asam urat. Asam urat di dalam tubuh banyak mengendap di sendi, ginjal dan saluran kencing. Asam urat diidentikkan dengan penyakit pada sendi, meskipun tidak semua penyakit pada sendi diakibatkan oleh asam urat yang tinggi. Penyakit pada sendi yang diakibatkan penumpukan asam urat berlebihan dalam  rongga sendi disebut penyakit sendi asam urat atau dalam istilah medis sering disebut Gout arthritis


Asam urat dalam sendi berbentuk seperti kristal yang tajam, sehingga kristal ini menusuk-nusuk jaringan sendi sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Radang sendi akibat asam urat biasanya ditunjukkan dengan gejala yang jelas berupa pembengkakan, merah, dan nyeri pada ibu jari kaki disertai nyeri pada sendi pada anggota gerak yang lain. 

Kadar asam urat di dalam tubuh ditentukan oleh keseimbangan antara pemasukan (melalui makanan yang dikonsumsi) dengan pengeluarannya. Asam urat akan meningkat pada konsumsi makanan yang banyak mengandung purin, dan pada keadaan ginjal tidak mampu membuangnya dengan jumlah yang cukup. Sehingga pengobatan asam urat ditujukan untuk mengurangi kadar asam urat dengan obat-obatan atau dengan mengontrol asupan makanan sehari-hari. 

Asam urat sudah dikenal sejak 2.000 tahun yang lalu dan menjadi salah satu penyakit tertua yang dikenal manusia. Dulu, penyakit ini juga disebut “penyakit para raja” karena penyakit ini diasosiasikan dengan kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman yang enak-enak.

Penyakit radang sendi akibat asam urat dapat menyerang siapa saja, tetapi biasanya penyakit ini lebih sering dialami oleh pria dibandingkan dengan perempuan. Hal ini mungkin berhubungan dengan konsumsi alkohol yang lebih sering pada pria, alkohol merupakan minuman yang banyak mengandung purin. Usia tua biasanya lebih sering menderita radang sendi akibat asam urat dibandingkan dengan usia muda. Wanita biasanya baru mulai banyak muncul gejala asam urat setelah masa menopause. 

Perlu ditekankan sekali lagi bahwa tidak semua nyeri pada sendi diakibatkan oleh asam urat. Penyebab nyeri sendi yang lain bisa diakibatkan oleh radang sendi, penyakit infeksi rematik (rematoid arthritis), penyakit autoimun dan penyakit-penyakit lainnya.

Kita harus mengenali gejala asam urat sebelum kita memutuskan untuk memulai pengobatan asam urat. Berikut adalah gejala asam urat yang biasa muncul:
  • Kesemutan dan linu pada sendi yang terkena. Sendi yang umumnya terkena adalah sendi pada jari-jari kaki, pergelangan kaki, lutut dan jarang pada sendi pinggul dan sendi-sendi pada tangan
  • Nyeri terutama lebih sering dirasakan pada malam hari atau pagi hari saat bangun tidur. Perlu juga dibedakan dengan nyeri akibat kelelahan otot akibat aktivitas berlebihan
  • Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi. Sendi yang paling banyak terkena adalah sendi pada ibu jari kaki.
Setelah kita yakin bahwa nyeri sendi yang terjadi adalah akibat asam urat, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anda untuk mengecek kadar asam urat dalam darah. Test yang dilakukan biasanya sederhana dengan mengambil sedikit darah pada ujung jari tangan dengan alat kecil dan portable. Kadar asam urat berlebihan biasanya diatas 6 atau 7. Setelah terdiagnose sebagai nyeri sendi akibat asam urat, dokter akan memberikan terapi berupa obat-obatan untuk mengurangi radang dan nyeri serta obat pengontrol kadar asam urat

Tips Mengobati Asam Urat

Berikut adalah tips untuk mengobati asam urat:
  • Melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter mengenai obat-obatan yang akan digunakan. Pemilihan obat sembarangan tanpa petunjuk dokter akan menimbulkan masalah lebih lanjut, karena beberapa obat yang beredar bebas di pasaran termasuk beberapa jenis jamu bisa menimbulkan efek samping berupa tukak lambung (maag), cushing syndrome (muka bundar dan tumbuh banyak rambut), diabetes, hingga gangguan jantung.  Kadar normalnya adalah 2.4 hingga 6 untuk wanita dan 3.0 hingga 7 untuk pria.
  • Minum air putih. Dengan banyak minum air putih maka akan semakin banyak purin yang dapat dibuang melalui saluran kencing.
Menghindari Makanan Yang Mengandung Banyak Purin (Asam Urat) 

Seperti dijelaskan sebelumnya, kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh kita bisa dikontrol dengan menghindari konsumsi makanan yang mengandung purin. Purin sendiri adalah bahan yang diubah oleh tubuh menjadi asam urat. Maka dari itu kita harus mengontrol makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan yang umumnya banyak mengandung purin antara lain: Lauk pauk (seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak), makanan laut (seperti udang, kerang, cumi, kepiting), makanan kaleng (seperi kornet dan sarden), Kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahannya seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau.  

Mengobati Asam Urat dengan Bahan-bahan Alami
    Selain obat-obatan yang bisa anda dapatkan dari dokter, beberapa tumbuhan yang dekat dan mudah dicari bisa dijadikan alternatif untuk mengobati asam urat. Berikut adalah beberapa tumbuhan yang bisa anda gunakan untuk mengobati asam urat:
    • Buah Sirsak. buah sirsak tidak terlalu sulit untuk dicari. Anda bisa memakannya begitu saja dalam keadaan segar, atau dijuice dengan menambahkan variasi lainnya. Anda dianjurkan mengkonsumsinya setiap hari
    • Daun salam. Daun salam juga merupakan tumbuhan yang umum sebagai tambahan bumbu dapur, anda bisa membelinya di pasar tradisional kalau kesulitan mendapatkannya. Ambil 7 lembar daun salam, kemudian direbus dengan dua gelas air, sampai tinggal 1 gelas saja. Anda dianjurkan meminumnya 2 kali sehari p(agi dan sore)
    • Labu siam. Jenis tumbuhan ini sering dijadikan sayur dan tentu saja mudah mendapatkannya. Labu siam diparut kemudian disaring diambil airnya diminum tiap hari.
    • Cuka apel. Cuka apel tersedia dalam bentuk yang sudah jadi dalam botolan. Cuka apel dicampur madu dengan ukuran satu sendok madu ditambah 2 sendok makan cuka apel dan air hangat dan diminum  setiap hariselama 1 minggu
    • kentang mentah dan apel malang dijuice. diminum setiap hari
    Anda bisa menggunakan bahan-bahan diatas untuk mengobati asam urat anda.