Monday, March 19, 2012

Cara Membuat Adonan Pizza

Membuat pizza buatan sendiri jauh lebih memuaskan daripada membeli bahan yang sudah jadi. Anda bisa membuatnya untuk menyalurkan hobi anda, atau anda bisa membuatnya untuk dijual lagi. Suatu peluang bisnis yang menggiurkan, karena masyarakat kita semakin menyenangi masakan pizza. Anda bisa mengamatinya di pizza hut, paparons pizza, izzi pizza, pizza marzano indonesia atau tempat lainnya sangat rame. Walaupun harga  pizza yang ditawarkan tergolong tinggi, sangat banyak masyarakat yang menyukainya. Apalagi dengan jasa order delivery pizza semakin memanjakan pelanggannya. Dengan hanya beberapa bahan dan sedikit waktu, Anda dapat membuat pizza dan adonan pizza dengan mudah.

Ketika Anda mulai membuat pizza buatan
sendiri, aromanya yang nikmat akan memuaskan hidung anda bagaikan merasakan gigitan pertama yang garing, dan lelehan kejunya. Selain itu, Anda dapat menambahkan topping sesuai selera Anda dan keluarga anda. Bereksperimen dalam topping sangat membantu anda mendapatkan resep pizza andalan anda. Anda dapat belajar untuk menjadi ahli dalam membuat pizza  jika Anda mempelajari bagian paling penting dari proses pembuatan pizza, yaitu  membuat adonan pizza.

Belajar membuat adonan pizza sangat penting, karena ini merupakan komponen dasar dari pizza yang anda buat. Variasi dari pizza hanya ada pada bagian toppingnya saja, sehingga dengan adonan yang baik anda tinggal membuat toppingnya saja untuk mendapatkan pizza nikmat buatan anda sendiri.  Membuat adonan pizza tidak sesulit yang Anda pikirkan. Jika Anda memiliki mesin roti, Anda dapat menggunakannya untuk mencampur adonan pizza Anda. Hanya dengan menempatkan semua bahan ke dalam mesin roti maka sebagian pekerjaan anda sudah diselesaikan.

Resep
adonan pizza:

1 cangkir air

1  cangkir keju mozzarella rendah lemak

2 sdm minyak zaitun

1 cangkir tepung roti

1 cangkir tepung gandum

 
1 sendok teh garam

1 sendok teh ragi

(1 sendok teh thyme kering, kemangi, atau oregano)

1.
Campur air dengan ragi, kemudian diamkan selama sepuluh menit sehingga ragi akan mulai larut mulai larut.

2. Campur s
emua bahan menjadi satu kemudian tambahkan campuran air dan ragi diatas. Aduk semua bahan-bahan tersebut dengan tangan atau mesin pengaduk roti  sampai terbentuk adonan berupa bola.
 
3. Taburkan tepung ke meja
tempat anda akan membuat adonan, sehingga adonan tidak lengket di meja tersebut. Letakkan bola adonan diatas taburan tepung  tadi.

4.
Usapkan tangan anda dengan tepung sebelum menguleni adonan. Setelah Anda memijat dan mengaduk  adonan kurang lebih selama dua atau tiga kali, kemudian pipihkan bahan tadi dengan tangan anda. Gunakan rolling pin untuk meratakan adonan sesuai  dengan ketebalan yang anda inginkan.

5. Panggang dalam oven
yang sudah  dipanaskan sebelumnya dengan  230 derajat celcius  selama 20 menit atau sampai adonan pizza berwarna kecoklatan sesuai dengan keinginan Anda.

6. Potong dan nikmatilah!

Tips membuat adonan pizza

1. Gunakan batu pizza. Jika Anda
serius akan menekuni dalam membuat pizza, sebaiknya anda bersiap-siap untuk membelinya.

2. Anda Panaskan oven dan panggang pizza
dalam suhu 230 derajat.

3.
Minyak zaitun lebih baik daripada minyak sayur
 
4. Jika Anda tidak memiliki rolling pin,
anda dapat menggunakan gelas yang rata atau botol yang permukaannya rata.

5. Jika Anda ingin membuat adonan
secara kontinue, sebaiknya anda  taruh dalam lemari es untuk "diistirahatkan" selama semalam. Hal ini dapat meningkatkan kualitas adonan.

Selamat mencoba membuat pizza dan adonan pizza di rumah anda, selamat mencoba!