Saturday, March 10, 2012

Cara Mengobati, Menghilangkan dan Mengatasi Keputihan

Apakah anda kebingungan mencari Cara Mengobati, Menghilangkan dan Mengatasi Keputihan? Keputihan bisa terjadi karena pertumbuhan berlebih dari bakteri dan kuman lain dalam organ kewanitaan. Gejala bervariasi sesuai dengan berat ringannya penyakit. Awalnya mungkin berupa gatal dan rasa tidak nyaman yang semakin meningkat. Rasa gatal akan meningkat dan  muncul cairan putih yang memiliki bau ikan atau bau busuk lainnya, terutama setelah berhubungan. Yang penting dan harus anda lakukan adalah mendiagnosa dan sesegera mulai mengobati keputihan anda tersebut. Pada bahasan selanjutnya saya akan menjelaskan cara-cara dan tips sederhana dalam mengobati, menghilangkan dan mengatasi keputihan.

Pada beberapa wanita kekambuhan dapat terjadi beberapa kali setiap tahun. Hal ini dapat ditularkan dari wanita ke wanita tetapi tidak bisa menular dari wanita ke pria. Ada beberapa obat-obatan yang sering dipakai untuk mengobati keputihan. Flagyl adalah obat yang paling umum yang digunakan untuk pengobatan keputihan ini.
Obat ini ada dalam bentuk pil atau supositoria (dimasukkan ke organ kewanitaan anda). Pria biasanya tidak perlu obat, tetapi jika pasangan Anda mengalami keputihan yang tidak biasa, maka sebaiknya anda juga harus minum obat.

Meskipun tidak secara fisik mengganggi, perasaan kotor dan memiliki bau amis di daerah organ kewanitaan sering dapat menyebabkan berkurangnya kualitas hubungan dengan pasangan anda dan hal ini akan memicu munculnya masalah lain dalam rumah tangg. Itulah mengapa penting untuk mengobati keputihan segera setelah terdeteksi.
Efek psikologis dari keputihan pada wanita dapat menghancurkan. Meskipun tidak terlalu berbahaya, keputihan dapat mengurangi kekebalan organ kewanitaan terhadap penyakit menular. Untuk alasan ini serta rasa tidak nyaman yang ditimbulkan, maka disarankan untuk mencari perawatan dokter sesegera mungkin.

Pengobatan Alami dan Beberapa Langkah Mengatasi Keputihan


Mengobati keputihan yang masih ringan bisa anda lakukan dengan menggunakan larutan antiseptik khusus pembilas vagina yang dapat Anda peroleh di apotek atau toko obat lainnya.  Anda harus selektif dalam memilih produk pembersih vagina, karena tidak semua produk aman bagi anda. Agar tidak terjadi kesalahan dalam pemakaiaannya sebaiknya anda menanyakan dengan detail bagaimana cara menggunakan cairan tersebut dengan benar dan apa efek samping mungkin muncul. Anda bisa menanyakannya kepada apoteker atau dengan membaca secara seksama manual dari obat tersebut yang biasanya ada dalam kemasannya.

Jika keputihan sudah berat dan tidak kunjung sembuh dengan pengobatan diatas maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter. Dokter akan memeriksa dan menganalisa penyebab keputihan anda dan akan memberikan terapi yang sesuai. Jika keputihan yang anda alami diakibatkan oleh bakteri maka dokter akan meresepkan antibiotika. Keputihan yang diakibatkan oleh jamur biasanya memberi respon baik dengan pemberian anti jamur yang sesuai. Namun demikian, pencegahan tentu lebih baik daripada mengobati.

Cara Mengatasi munculnya Keputihan 

Jangan membilas vagina dengan cairan pembersih yang dapat mengganggu keseimbangan pH (tingkat keasaman) vagina. Bilaslah vagina dari arah depan ke belakang ke arah anus, dengan cara ini anda tidak akan membawa kuman dari anus ke daerah kewanitaan anda. Perhatikan jenis keputihan anda. Keputihan fisiologis (normal), ciri-cirinya, lendirnya seperti lendir bening, Tidak gatal dan tidak berbau. Pada keputihan jenis ini tidak diperlukan pengobatan sama sekali. Keputihan patologis (karena penyakit), ciri-cirinya, warna lendirnya tidak bening lagi tetapi putih seperti kepala susu, bisa kuning kehijauan atau kecoklatan, bahkan bisa kemerahan karena adanya darah. Biasanya disertai rasa gatal, dan ada bau yang menyertainya. Kalau anda menemukannya sebaiknya anda segera mencari bantuan pengobatan.

Tips dan Cara untuk Menghindari dan Menghilangkan Keputihan
  • Menjaga kebersihan daerah kewanitaan. Bilaslah organ kewanitaan dengan cara yang benar (dari depan ke belakang dengan menggunakan pembersih yang baik). Cuci pakaian dalam dengan sabun ringan dan jangan gunakan pewangi pakaian. Jaga kebersihan tubuh, hindari pembersih vagina yang mengandung parfum. Jangan suka tukar-tukaran celana dalam atau menggunakan celana dalam bersama dengan teman wanita lainnya. Jagalah kesehatan daerah kewanitaan, seperti lebih sering ganti pembalut/tampon, memakai celana dalam dari bahan katun dan tidak ketat. Sebisa mungkin hindari menggunakan toilet umum. Apabila terpaksa basuhlah vagina  setelah buang air kecil menggunakan air minum mineral. Jangan menggaruk vagina sekalipun gatal, karena hal ini akan menimbulkan luka yang akan semakin memperparah keputihan.
  • Makanan - Jalani diet yang seimbang (4 sehat 5 sempurna) dan perbanyak minum air mineral. Anda juga bisa mengkonsumsi yoghurt dan membatasi konsumsi gula berlebih. Makanan yang seimbang juga membantu anda tetap sehat, berpenampilan ideal dan bebas jerawat
  • Pola hidup teratur. Anda memerlukan waktu tidur yang cukup dan jangan terlalu beraktifitas berlebihan yang menimbulkan kecapekan yang berlebih. Hindari gonta ganti pasangan seksual (seks bebas). Bagi wanita yang sudah melakukan hubungan seksual, setiap tahun harus melakukan papsmear untuk mendeteksi dini kemungkinan kanker leher rahim.
  • Gunakan obat keputihan yang diberikan dokter secara teratur walaupun gejala sudah hilang karena kemungkinan infeksi masih terjadi
Cara Mengobati, Menghilangkan dan Mengatasi Keputihan tersebut bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kualitas hidup dan juga kualitas hubungan anda tetap terjalin baik.