Wednesday, March 14, 2012

Menguruskan Badan Dengan Sepuluh Langkah Mudah

Mungkin anda merupakan orang yang sedang berusaha menguruskan badan dengan berbagai cara, tetapi belum mendapatkan hasil yang memuaskan. Kegemukan merupakan kenyataan buruk bagi kita yang sangat mendambakan kesehatan dan penampilan yang menarik.Rasa percaya diri pun terkikis oleh berat badan berlebihan ini, anda akan memiliki konsep diri yang buruk jika anda terus berada pada kondisi seperti itu. Sebenarnya banyak tips diet sehat yang bisa anda terapkan dan menghindari beberapa penyebab kegagalan dalam berdiet
 
 
Dengan mengetahui tips-tips yang benar dalam berdiet maka anda akan terhindar dari kegagalan dalam berdiet. Kerja keras dan kesungguhan anda akan terbayar dengan memuaskan dengan pencapaian maksimal dalam menurunkan berat badan anda. Ada banyak tips yang telah blog tips dan cara-cara sampaikan sebelumnya, tetapi disini saya akan merangkum beberapa yang sangat mudah dan sangat esensial jika anda terapkan dengan disiplin dan rutin.
 
Tips diet untuk menguruskan badan
  1. Kurangi karbohidrat dan lemak dari menu makanan anda. Karbohidrat merupakan sumber kalori terbesar dari bahan makan yang lainnya. Karbohidrat tetap anda butuhkan walaupun anda sedang melakukan diet, jadi jangan sama sekali menghilangkan karbohidrat dari menu makanan diet anda.
  2. Hindari Minuman yang mengandung banyak gula. Pilihlah air mineral daripada soft drink saat anda beraktifitas di luar ruangan. Dengan minum air putih 8 gelas sehari maka badan akan menjadi sehat dan diet anda akan semakin menunjukkan hasil positif. 
  3. Makan terakhir 3 jam sebelum tidur. Jika anda makan dekat dengan waktu tidur anda, maka kalori yang dihasilkan dari makanan yang baru saja anda konsumsi tidak akan digunakan untuk beraktifitas. Akibatnya makanan tersebut akan tersimpan sebagai cadangan makanan berupa lemak di dalam tubuh anda. Jika anda merasa lapar sebelum tidur, sebaiknya anda makan atau minum yang sedikit mengandung kalori.
  4. Makan minimal 3 kali sehari. Dalam usaha menurunkan berat badan jangan sekali-kali mengurangi waktu makan anda menjadi sekali atau dua kali sehari karena justru ini akan menyebabkan anda gagal dalam berdiet. Jika anda makan lebih jarang maka metabolisme tubuh menjadi lebih lambat dan anda akan mudah terserang maag dan kelaparan berlebih.
  5. Olahraga di pagi hari. pagi hari merupakan saat yang tepat untuk berolahraga karena perut sudah dalam keadaan kosong, sehingga energi yang anda pakai selama berolahraga akan diambil dari pembakaran lemak cadangan dalam tubuh
  6. Olahraga Kardio. Melakukan olahraga kardio seperti jogging, lari, renang, treadmill, bersepeda, dll sangat efektif dalam membakar lemak dan menguruskan badan. Beberapa olahraga ringan lainnya juga anda bisa lakukan untuk memuluskan usaha diet anda. 
  7. Makanan rebus lebih baik daripada makanan gorengan. Makanan sehat seperti ikan, apel dan sayur-sayuran yang direbus akan menghindarkan anda dari minyak-minyak dari makanan yang digoreng.
  8. Memperbanyak Jalan kaki. Parkirlah lebih jauh dari tempat kerja anda, sehingga anda bisa jalan kaki lebih jauh untuk mencapai tempat kerja anda. Naikilah tangga daripada memilih menggunakan ekskalator untuk turun satu atau dua lantai saja. Kebiasaan kecil ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan jika anda lakukan secara konsisten.
  9. Cukup istirahat. Tidur yang baik adalah saat malam hari dengan durasi 6 sampai 8 jam. Tidur berlebihan akan meningkatkan resiko kematian, itu yang diungkapkan beberapa penelitian tentang tidur sebelumnya.
  10. Bergembiralah dan nikmati hidup anda. Menikmati hidup dengan melakukan aktifitas yang menyenangkan bersama kawan dan keluarga yang anda sayangi juga merupakan bagian dari faktor penentu keberhasilan diet anda untuk menguruskan badan.
Dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan diatas maka anda akan semakin bersemangat dan semakin yakin bahwa diet anda untuk menguruskan badan akan cepat tercapai. Ada banyak tips dan cara-cara lainnya yang bisa anda terapkan yang tentu saja tidak akan muat untuk kami tulis disini. Tips diatas adalah tips yang paling penting dan bisa dengan mudah dikerjakan dalam usaha anda untuk menguruskan badan anda.