Wednesday, March 14, 2012

Makanan Sehat Penunda Lapar: Sahabat Bagi Anda yang Sedang Berdiet

Makanan sehat penunda lapar merupakan sahabat bagi anda yang sedang berdiet untuk mengecilkan perut. Makan mungkin merupakan hal yang selalu ditimbang-timbang saat anda sedang berdiet. Anda mungkin bertanya-tanya makanan apa yang harus dimakan  dan makanan apa yang harus dihindari saat melakukan diet. Diet bukan berarti harus kelaparan dan melewatkan beberapa kali waktu makan. Jika diet anda menimbulkan kelaparan maka selangkah lagi anda akan menuju kegagalan dalam berdiet. Dengan mengkonsumsi beberapa makanan sehat yang akan saya kasih tau pada tulisan selanjutnya maka anda dapat melanjutkan diet, tetap kenyang dan tanpa takut menjadi gendut. 


Memang salah satu prinsip diet yang baik adalah jangan sampai kelaparan. Saat anda berdiet dan kelaparan maka anda tidak akan bisa mengendalikan diri saat anda disuguhi makanan kesukaan anda. Ada beberapa jenis makanan yang mesti menjadi sahabat para pendiet. Makanan tersebut akan membuat anda merasa kenyang lebih lama, hal ini akan membuat anda tidak menambah porsi makan anda. Makan dalam porsi yang lebih sedikit tapi masih tetap kenyang merupakan salah satu kunci sukses berdiet.

Makanan Sehat Untuk Menahan Lapar
  • Sayuran Hijau. Sayuran merupakan makanan tinggi serat dan rendah kalori. Selain itu beberapa jenis sayuran merupakan makanan yang memiliki efek termal, yaitu makanan yang dikonsumsi akan menguras kalori anda untuk proses mencerna makanan tersebut. Brokoli, bayam dan asparagus merupakan contoh sayuran yang tergolong memiliki termal efek. Serat yang terkandung banyak dalam sayuran akan memberikan rasa kenyang dan sangat baik digunakan untuk berdiet. Kandungan vitamin, mineral dan antioksidan merupakan bonus bagi anda yang rajin mengkonsumsi sayuran hijau.
  • Apel. Banyak kandungan alami yang terkandung pada apel yang sangat berguna untuk diet. Pectic merupakan bahan alami pada apel yang berfungsi menurunkan nafsu makan anda secara alami. Seperti halnya sayuran hijau maka apel sangat banyak mengandung serat yang akan membuat anda lebih lama merasa kenyang. Baca juga artikel tentang manfaat apel untuk diet. "Cara diet sehat dengan apel", "Manfaat buah apel untuk diet sehat mengecilkan perut"
  • Susu Rendah Lemak. Susu kaya akan kalsium, dan asupan kalsium yang cukup berguna untuk mengurangi cadangan lemak dalam tubuh. Kekurangan kalsium pada tubuh akan merangsang calcitriol untuk menyimpan semakin banyak dalam tubuh sebagai cadangan. Anda dapat membeli beberapa produk susu yang rendah lemak atau produk olahan susu yang terkenal rendah lemak, seperti yoghurt dan keju.
  •  Kacang-kacangan.  Tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengkonsumsi kacang, sehingga akan membuat anda kenyang lebih lama dan tidak kelaparan saat berdiet. Kacang juga kaya akan serat dan tinggi protein. Protein nabati yang tinggi pada kacang-kacangan merupakan nilai plus bagi makanan ini, karena protein memiliki index kenyang yang sangat tinggi.
  • Ikan. Ikan yang dikukus atau dipanggang meningkatkan kualitas dari produk ikan ini. Kandungan protein hewani dari ikan seperti halnya protein pada kacang-kacangan memiliki index kenyang yang tertinggi diantara berbagai jenis kandungan makanan lainnya. Ditambah lagi dengan sifat ikan yang mampu mempercepat metabolisme menjadikan ikan sebagai menu wajib bagi anda yang sedang berdiet. Selain itu ikan juga kaya akan omega 3 sebagai asam lemak alami yang membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh kita. 
 Jika anda sedang berdiet maka makanan-makanan diatas merupakan menu wajib bagi anda. Makanan sehat penunda lapar dan sekaligus memiliki sejuta manfaat.