Monday, March 12, 2012

Cara Mencegah, Mengatasi, dan Mengobati Ambien / Wasir dengan Aman

Berikut akan saya sampaikan beberapa tips mudah mengenai cara mengobati ambien atau wasir. Ambien atau wasir merupakan pelebaran pembuluh darah balik atau vena di daerah rektum dan anus. Rektum adalah bagian dari saluran pencernaan yang terletak tepat diatas anus sebagai tempat berkumpulnya kotoran sebelum dikeluarkan. Sedangkan anus merupakan ujung dari saluran pencernaan tempat keluarnya kotoran. Di rektum dan anus terdapat sekumpulan pembuluh darah yang dalam keadaan normal tidak terjadi pelebaran. Ambien terjadi karena terdapatnya tekanan tinggi secara berulang di daerah anus dan rektum. Tekanan ini sering berhubungan dengan kesalahan kebiasaan buang air besar. Nah, cara mengobati ambien atau wasir adalah dengan cara memodifikasi keadaan ini.



Gejala-Gejala Ambien atau wasir 

Mungkin gejala ambien atau wasir yang paling umum adalah keluarnya darah saat buang air besar. Keluarnya darah ini terjadi karena robeknya pelebaran pembuluh darah tersebut saat bergesekan dengan tinja yang keras atau akibat tekanan yang tinggi. Darah yang keluar biasanya mengucur atau menetes kadang-kadang ikut tercampur dalam kotoran. Darah yang keluar adalah darah segar. Jumlah darah yang keluar biasanya sedikit, dan jarang mengakibatkan anemia berat pada penderitanya. Salah satu tujuang mengobati ambien adalah menghentikan dan mencegah robeknya pembuluh darah yang melebar pada ambien. Menghentikan perdarahan ini merupakan salah satu komponen penting dalam mengatasi dan mengobati ambien/wasir.

Gejala lain yang mudah diketahui adalah adanya penonjolan berupa daging di daerah anus. Penonjolan ini sebenarnya adalah pembuluh darah yang melebar dan memanjang keluar dari tempatnya di rektum dan anus. Ambien atau hemorrhoid ada 2 jenis yaitu hemorrhoid eksternal dan hemorhoid internal. Hemorrhoid external berupa penonjolan di kulit sekeliling lubang anus. Sedangkan hemorrhoid internal berupa penonjolan yang terletak di dalam anus dan rektum, kadang-kadang penonjolan ini dapat keluar masuk melalui lubang anus. Hemorrhoid internal dibagi menjadi 4 derajat berdasarkan besar-kecilnya penonjolan ini. Derajat satu biasanya penonjolan tidak sampai keluar lubang anus, derajat dua penonjolan bisa keluar masuk lubang anus dengan sendirinya, derajat tiga lebih berat lagi sehingga penonjolan ini harus dimasukkan dengan tangan untuk mengembalikannya ke saluran anus, dan yang paling berat adalah derajat empat berupa penonjolan yang sama sekali terjerat sehingga tidak dapat kembali ke saluran cerna bahkan saat dimasukkan dengan tangan.Penentuan jenis dan derajat ambien atau wasir akan menentukan cara mengobati ambien atau wasir tersebut di kemudian hari.


Gejala lain adalah gejala ikutan dari penonjolan dan perdarahan pada ambien tersebut. Gejala tersebut seperti: nyeri, gatal sekitar anus, perasaan penuh di daerah perut bawah, kadang-kadang menimbulkan mual dan muntah. Untuk kepentingan kenyamanan pasien, biasanya dokter akan memberikan beberapa obat untuk mengatasi gejala tambahan ini sebagai bagian dari cara mengobati ambien / wasir.

Pendekatan Medis untuk Mengobati Ambien atau Wasir
Prinsip untuk mengobati ambien / wasir adalah memulai pengobatan jika ambien sudah mengganggu. Sehingga kalau ambien yang anda derita tidak mengganggu maka tidak diperlukan pengobatan selain dengan mengubah pola makan dan kebiasaan buang air besar. Tujuan pengobatan ambien atau wasir adalah mencegah  dan menghentikan perdarahan, mengurangi atau menghilangkan penonjolan, mengurangi komplikasi dan mengobati penyakit dasar yang menyebabkannya. 

Berikut adalah rangkuman beberapa hal yang mungkin dokter anda akan lakukan dalam mengobati ambien atau wasir anda:
  • Menyarankan anda untuk: menghentikan kebiasaan buang air besar yang lama (jangan membaca atau melakukan aktivitas lain selagi buang air besar) dan dengan tekanan terlalu keras, menghindari konsumsi makanan pedas, kopi dan tidak seimbang serat.
  • Perdarahan biasanya dihentikan dengan memberikan obat untuk menyetop perdarahan, sedangkan untuk mencegah perdarahannya diberikan obat untuk melunakkan tinja psilium, parafin, dulcolax, dll) sehingga tidak terjadi pergesekan keras antara tinja dengan pembuluh darah yang melebar tersebut.
  • Mencegah dan menghentikan infeksi dengan pemberian antibiotika dan berendam di larutan antiseptik, serta menjaga kekeringan dan kebersihan di sekitar anus
  • Hal paling mendasar dalam mengobati ambien adalah dengan mengobati penyebabnya. Beberapa penyakit seperti penyakit liver kronis bisa menimbulkan pelebaran pembuluh darah di daerah anus, dengan mengobati penyakitnya juga akan mengobati ambien / wasir dengan sendirinya.
  • Mengurangi penonjolan dengan mencegah berulangnya ambien (untuk ambien yang ringan) dengan mengubah pola makan dan kebiasaan buang air besar
  • Jika penonjolan terlalu besar dan mengganggu (derajat 3 dan 4)  maka dipikirkan untuk melakukan pengangkatan sebagai cara mengobati ambien / wasir. Metode-metode tersebut, seperti: suntikan skleroterapi, ligasi pita karet, laser, fotokoagulasi infra merah, elektrokoagulasi, dan pembedahan.

Metode mengobati ambien / wasir dengan tindakan khusus diitentukan oleh keadaan ambien dan kemampuan dokter itu sendiri. Suntikan skleroterapi bisa mengganti vena yang luka dengan jaringan parut. Tindakan pengikatan dengan pita karet bisa membuat wasir menjadi layu dan terputus tanpa rasa sakit. Cara ligasi pita karet ini dilakukan selama dua minggu atau lebih. Kadang perlu dilakukan sampai 3 – 6 kali pengobatan. Wasir juga bisa dihancurkan dengan menggunakan laser, sinar infra merah (fotokoagulasi infra merah) atau dengan arus listrik (elektrokoagulasi). Kalau berbagai langkah di atas masih gagal juga, biasanya sebagai tindakan terakhir bisa dilakukan pembedahan konvensional.

Cara Mencegah dan Mengobati Ambien (Wasir) di Rumah


1. Terapi Air

Air memberikan efek relaksasi pada ambien yang sedang sakit dan meradang. Mengobati ambien / wasir dengan terapi air ini dilakukan dengan kompres dingin pada daerah dubur, atau merendam daerah dubur dengan air hangat selama 10 menit beberapa kali sehari. Anda juga bisa mencoba mengusap lembut area dubur yang sedang radang (wasir) dengan handuk yang dibasahkan. Hindari penggunaan tissue toilet untuk mengusap daerah wasir. Terapi air ini bertujuan untuk membersihkan, mengurangi gatal dan rasa sakit pada ambien.

2. Konsumsilah Lebih Banyak Serat

 Mengkonsumsi serat yang cukup mencegah anda susah buang air besar karena sembelit, sehingga secara tidak langsung mampu mencegah ambien / wasir Anda kambuh. Rasa sakit saat buang air besar juga bisa dikurangi dengan makan banyak serat, karena serat akan membuat kotoran menjadi lunak dan mudah dikeluarkan. Beberapa makanan berserat tinggi yang bisa anda tambahkan dalam menu makanan anda sehari-hari, antara lain:  buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, bekatul, dan sereal atau roti dari gandum utuh.


3. Minum Air yang Cukup

Air berfungsi untuk melunakkan tinja sehingga mudah dikeluarkan dan mampu mengurangi nyeri pada saat buang air besar. Air yang dikonsumsi dalam jumlah yang cukup juga mampu mencegah ambien / wasir muncul kembali. Konsumsi air yang cukup ditandai dengan tidak adanya rasa haus, produksi kencing cukup dan tidak berwarna pekat. Minumlah air minimal delapan gelas sehari disesuaikan dengan cuaca dan jenis aktivitas yang anda kerjakan. Minuman tertentu seperti alkohol dan kafein perlu dihindari, karena minuman tersebut akan mempercepat pembuangan air dari tubuh sehingga tubuh kekurangan air dan akan menyebabkan tinja menjadi keras. Kecukupan air dalam tubuh merupakan komponen penting dalam mengobati ambien /wasir.

4. Lakukan Aktivitas Fisik Yang Cukup

Aktivitas fisik merupakan komponen penting dalam mencegah dan mengobati ambien atau wasir. Jangan terlalu banyak duduk karena akan menimbulkan tekanan yang tinggi di daerah anus dan memperlambat aliran darah di tempat itu. Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda duduk selama berjam-jam maka usahakanlah untuk bangkit dari tempat duduk Anda setiap jam dan lakukan aktifitas berjalan (bergerak)beberapa menit. Hindari aktifitas yang memperberat ambien/wasir, seperti: duduk untuk waktu yang lama di toilet, angkat berat, dan hubungan seks anal.

5. Buang air besar dengan benar

Jangan menunda untuk buang air besar, karena sering menunda buang air besar akan memicu sembelit/konstipasi dan hal tersebut akan memperparah wasir/ambien anda. Buang air besarlah jika anda sudan merasa akan buang air besar. Hentikan kebiasaan yang menyebabkan anda mengedan dalam jangka waktu lama. Kebiasaan membaca koran saat buang air besar hanya akan memperpanjang durasi anda mengedan dan akan semakin menggagalkan anda dalam mengobati ambien atau wasir anda.

Lakukan langkah-langkah sederhana diatas untuk mencegah dan mengobati ambien atau wasir anda. Anda harus bisa bijak dalam mengambil keputusan, kapan harus melakukan pengobatan secara alami dan kapan saat yang tepat untuk berkonsultasi ke dokter. Menerapkan pola hidup sehat dan seimbang akan sangat membantu anda mencegah dan mengobati ambien atau wasir.