Tuesday, March 13, 2012

Cara Mengecilkan Perut dengan Olahraga Teratur dan Terukur

Pada dasarnya semua olahraga yang dilakukan secara teratur dapat mengecilkan perut. Olahraga dan diet yang anda lakukan bertujuan untuk membakar lemak di dalam tubuh secara merata, termasuk di bagian perut anda. Sehingga dengan sendirinya akan mengecilkan perut anda yang buncit. Selama ini mungkin kita salah persepsi mengenai olahraga tertentu sebagai cara mengecilkan perut. Olahraga untuk mengurangi timbunan lemak di bagian tertentu tubuh kita sebenarnya tidak ada, termasuk yang khusus untuk di perut. Boleh dibilang "tidak ada olahraga khusus untuk mengecilkan perut saja".

Olahraga khusus yang berpusat pada perut bertujuan untuk mengencangkan otot-otot perut anda sehingga dapat terbentuk dengan bagus. Lemak di perut yang menyebabkan perut buncit sebenarnya merupakan depot cadangan energi tubuh. Kelebihan energi dari makanan yang tidak terpakai akan disimpan dalam bentuk lemak, jika nanti tubuh kekurangan energi dari makanan atau tubuh memerlukan energi yang lebih maka cadangan inilah yang akan diambil kembali. Sehingga kita harus membuat tubuh (dalam tanda kutip) "kekurangan energi" yang bisa dilakukan dengan diet khusus dan membuat tubuh (sekali lagi dalam tanda kutip) "memerlukan energi yang lebih" yang dapat dilakukan dengan berolah raga.  Dengan kedua hal tersebut maka lemak di seluruh tubuh akan terbakar termasuk juga lemak di perut anda. Sekali lagi olahraga yang berfokus di perut hanya bertujuan untuk mengencangkan otot perut, bukan untuk khusus membakar lemak di perut. Tapi kalaupun dipaksakan, saya akan tetap menyajikan tulisan mengenai olahraga untuk mengecilkan perut dalam artian mengencangkan otot perut.

Olahraga untuk Mengecilkan Perut yang Bisa Anda Lakukan

  1. Latihan Crunch untuk mengecilkan perut. Crunch adalah istilah yang mulai umum dipakai sekarang ini, latihan ini dilakukan dengan: berbaring menggunakan punggung anda, dengan tangan diletakkan di belakang kepala dan lutut menekuk. Kemudian rapatkan jari-jari anda dan angkat punggung dan kepala anda beberapa sentimeter selama beberapa detik. Pertahankan posisi tangan dan lutut anda selam latihan ini. Setelah itu secara perlahan-lahan (tidak menghentak), rebahkan kepala dan punggung anda ke posisi semula dengan keadaan tetap lurus. Lakukan latihan ini beberapa kali dalam setiap sesinya.Anda bisa menambah porsi latihan ini setiap harinya sehingga usaha anda untuk mengecilkan perut bisa terwujud segera.
  2. Latihan Reverse Crunch untuk mengecilkan perut. Caranya: tetap berbaring pada punggung kemudian rapatkan kedua kaki anda dalam posisi lurus, setelah itu angkat ke atas sehingga badan anda membentuk hurup "L". Coba angkat pinggul anda beberapa saat dengan kaki tetap menunjuk langit-langit. Setelah itu secara perlahan-lahan kembali ke posisi semula.
  3. Latihan Crossover sit-up untuk mengecilkan perut. cross over sit up seperti halnya sit-up biasa tetap memfokuskan tekanan di bagian perut anda. Cross over sit up dilakukan dengan berbaring pada punggung anda, lutut ditekuk sedikit, kemudian angkat badan anda seperti saat sit up, kemudian putar badan ke kanan dan ke kiri. Lakukan latihan ini beberapa kali secara teratur dalam satu sesi. Mulai lah dengan beberapa kali kemudian secara perlahan-lahan di tingkatkan setiap harinya. Sehingga anda tidak mencederai badan anda dalam usaha untuk mengecilkan perut anda.
  4.  Cara mengecilkan perut dengan latihan duduk dan mengangkat kaki. Gunakanlah bangku sebagai alat latihan untuk mengecilkan perut ini. Duduklah di tepi bangku, kemudian angkat kaki beberapa centimeter dari lantai dengan lutut sedikit di bengkokkan. Bengkokkan lutut anda sehingga menempel pada dada, kemudian tahan beberapa saat sesuaikan hitungan kemudian kembalikan kaki anda ke posisi semula.
  5.  Latihan Side bends untuk mengecilkan perut. Side bends dilakukan dengan posisi berdiri dengan divariasikan dengan atau tanpa menahan barbel. Buka kaki selebar pinggang, dengan tangan menggendong barbel lakukan gerakan berputar ke kanan dan ke kiri. Pastikan punggung tetap lurus dan hanya menggerakkan pinggan saat berputar. 
  6. Latihan Kardiovaskular sebagai cara terbaik untuk mengecilkan perut. Anda bisa melakukan latihan kardiovaskuler selama 20 sampai 45 menit setiap harinya sehingga terjadi peningkatan detak jantung yang sedikit meningkat. Hal ini akan menjamin anda dapat membakar lemak tubuh sekaligus mengecilkan perut. Latihan kardiovaskuler yang baik adalah dengan jogging di luar ruangan atau di dalam ruangan atau dengan menggunakan sepeda biasa atau sepeda statis. Kalau cuaca tidak mendukung anda bisa melakukannya di tempat gym.

Intinya, olahraga yang teratur asalkan dilaksanakan secara rutin dan konsisten akan mampu membakar lemak tubuh termasuk lemak di perut anda sehingga dapat juga mengecilkan perut anda. Diet yang sehat akan menyebabkan tubuh mulai membakar cadangan lemak tubuh anda termasuk lemak di perut anda. Kedua cara tersebut jika dikerjakan teratur dan dalam porsi seimbang maka merupakan cara mengecilkan perut terbaik buat anda.