Monday, March 19, 2012

Cara Membuat Yoghurt (Pembuatan Yoghurt)

Apakah anda mencari cara membuat yoghurt? ya di sinilah tempat anda belajar. Merupakan hal yang mudah jika anda membeli yoghurt di toko atau supermarket terdekat, dengan hanya beberapa puluh ribu anda bisa mendapatkan yoghurt yang anda inginkan. Sebenarnya membuat yoghurt merupakan peluang besar bagi kita, apalagi yang mempunyai atau dekat dengan sumber penghasil susu. Tentu dengan menjadikannya yoghurt akan menjadikan nilai tambah tersendiri, dibandingkan hanya menjualnya dalam bentuk susu murni. Jika anda ingin sedikit bereksperimen, mungkin dalam waktu dekat anda akan menjadi pengusaha yoghurt dengan keuntungan berlipat ganda dari bisnis pembuatan yoghurt.


Manfaat Yoghurt | Khasiat Yoghurt| Fungsi Yoghurt

Dengan meminum yoghurt secara rutin, anda dapat merasakan beberapa manfaat yoghurt yang sudah terkenal dan di teliti sejak zaman dahulu. Beberapa khasiat yoghurt antara lain: 
  • meningkatkan kekebalan tubuh, terutama usus anda dari serangan kuman dan penyakit lainnya.
  • Memperlancar pencernaan
  • Mencegah kanker usus, kandungan acidophylus dalam yoghurt mampu mempertahankan flora normal usus dan mencegah terjadinya kanker usus
  • Menghilangkan alergi
  • Meningkatkan stamina
Cara Membuat Yoghurt 
Pertama, anda harus menyiapkan bahan-bahan pembuatan yoghurt, sebagai berikut:
  • 1 Liter susu, Susu yang telah dipanaskan, atau dikenal dengan ultra heat treated ( UHT) milk, adalah bahan yang terbaik karena dengan susu yang telah dipanaskan akan mampu membunuh bakteri yang ada pada susu tersebut. 
  • 1/2 cangkir susu non fat kering
  • 2 kotak yogurt alami dengan bakteri hidup aktif
  • 1 sendok gula untuk mendorong pertumbuhan bakteri.
Langkah Pembuatan Yoghurt:

Langkah 1 - Biarkan susu UHT dan yogurt alami (bahan yoghurt) pada suhu kamar selama sekitar satu jam.
Langkah 2 - Tambahkan susu bubuk kering dan gula pada yoghurt alami (bahan yoghurt), ini berfungsi sebagai nutrisi bagi bakteri hidup supaya bisa tumbuh dan menebalkan yoghurt.
Langkah 3 - Sekarang Anda siap untuk menambahkan life culture  (yoghurt) ke dalam susu. Pastikan untuk aduk dengan seksama, karena ini akan mendistribusikan miliaran bakteri hidup secara merata ke seluruh campuran. Anda mungkin bisa menggunakan blender di sini untuk membuat segalanya lebih mudah. Ini merupakan langkah penting ketika Anda ingin membuat yoghurt dengan benar.
Langkah 4 - Tempatkan adonan ke dalam wadah kecil yang steril (Anda dapat mensterilkan kontainer Anda dengan mengisinya dengan air mendidih). Kemudian tutuplah wadah dengan erat.
Langkah 5 - Letakkan bahan tadi di tempat yang hangat untuk mendorong bakteri untuk tumbuh. Suhu harus mendekati 38 derajat Celcius].
Langkah 6 - Biarkan bahan diatas tetap disimpan pada suhu ini selama minimal tujuh jam. Setelah jangka waktu ini terlewati, maka anda akan mendapatkan bahan yang mirip dengan custard dengan bau seperti keju. 

Langkah 7 -  Jika Anda biarkan selama lebih dari tujuh jam itu akan membuat yoghurt yang lebih tebal, dan akan memiliki rasa Tangier.
Langkah 8 - Tempatkan yoghurt ke dalam lemari es selama beberapa jam. Ini akan bertahansampai dua minggu dan Anda dapat menyimpan sejumlah kecil untuk digunakan sebagai cultur hidup (bahan yoghurt alami/ benih yoghurt) untuk pembuatan yoghurt berikutnya.
Sekarang Anda memiliki pengetahuan yang cukup untuk membuat yoghurt, sekarang tinggal anda kembangkan sendiri sebagai lahan bisnis atau untuk anda gunakan sendiri di rumah. Selamat mempraktekkan cara membuat yoghurt.