Saturday, March 10, 2012

Cara Mengobati Jerawat Secara Alami dan Aman

Apakah anda mencari cara mengobati jerawat anda? Jerawat adalah hal yang sangat memalukan dan mengganggu penampilan kita. Tentu kita ingin mengobati jerawat di muka kita sesegera mungkin, karena sekali dia muncul maka akan sangat mengganggu percaya diri kita. Kita sama-sama tahu bahwa sangat sulit untuk mengobati jerawat, bahkan dengan pengobatan dokter sekalipun. 
  
Saya tidak akan menyuruh anda pergi ke dokter kulit karena  blog saya akan memberikan tips dan cara-cara mengobati jerawat secara alami. Anda harus menyadari bahwa hanya dengan bahan-bahan alami berikut sudah cukup untuk mengobati jerawat anda. Pengobatan secara alami berikut bisa sama efektifnya dengan obat-obatan, bahkan mungkin lebih baik. Secara tidak kita sadari, sebenarnya semua kebutuhan tubuh kita ditentukan oleh keseimbangan gizi dan perawatan yang tepat. Berikut adalah beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengobati jerawat Anda. Dengan menerapkan metode ini secara teratur, maka anda akan melihat perbedaannya setelah kurang lebih 4 minggu.


    
* Gunakan masker madu sekali atau dua kali seminggu - Madu memiliki sifat antibakteri sehingga sangat bagus untuk desinfektan dan mempercepat penyembuhan luka. Madu juga lembut dan aman pada kulit sensitif.

    
* Cuci muka dua kali sehari dengan sabun jerawat - Anda harus mencuci muka dua kali sehari dengan sabun berbahan sulfur (belerang) yang memang dibuat untuk mengobati jerawat. Cuci muka saat bangun pagi dan tepat sebelum Anda pergi tidur di malam hari. Setelah muka anda dicuci bersih, keringkan dengan handuk yang lembut dengan tekanan lembut. Jangan menggosokkan handuk dengan kasar dan jangan menggunakan kain kasar. Mencuci muka secara berlebihan (Overwashing) akan merangsang kelenjar sebaceous (kelenjar minyak) menghasilkan sebum lebih banyak, sehingga akan memperparah jerawat Anda.

    
* Jauhkan rambut dari wajah Anda - Jika Anda memiliki rambut panjang atau poni, maka sebaiknya anda menjauhkan rambut dari wajah Anda. Rambut juga mengandung minyak, sehingga kalau terkena kulit wajah akan merangsang pembentukan jerawat. Anda juga harus mencuci rambut secara rutin, terutama setelah berolahraga

    
* Minumlah Vitamin dan Nutrisi yang tepat - Jerawat dapat menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah di dalam tubuh anda. Kulit merupakan organ vital yang sering diabaikan, kesehatan kulit sangat dipengaruhi asupan gizi. Jika tubuh kita tidak menerima nutrisi yang tepat, tubuh akan memberi perlawanan. Salah satu cara tubuh memberi perlawanan adalah dengan menghasilkan sebum/minyak secara berlebihan, pori-pori tersumbat, dan mengurangi kemampuan untuk kulit Anda untuk melawan bakteri sehingga memunculkan jerawat.

    
* Sertakan kromium dalam diet Anda - Kromium dikenal sebagai suplemen untuk menurunkan berat badan. Kromium juga sangat baik untuk penyembuhan infeksi pada kulit. Mengkonsumsi suplemen kromium sekali sehari akan membantu mengobati jerawat dengan cepat.

    
* Wortel sebagai sumber beta-karoten (vitamin A) - Vitamin A memperkuat jaringan pelindung kulit dan mencegah jerawat dengan membantu mengurangi produksi sebum. Vitamin ini sangat penting untuk pemeliharaan dan perbaikan jaringan kulit dan selaput lendir. Vitamin A juga merupakan antioksidan kuat yang dibutuhkan untuk membersihkan tubuh dari racun. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan terbentuknya jerawat

    
* Hindari Pemakaian makeup berlebihan - Make up yang tersisa pada kulit akan menyumbatan pori-pori Anda, sehingga menyebabkan lebih banyak jerawat dan komedo. Gunakan make up yang berbasis air, sehingga mudah dibersihkan dan tidak terlalu menyumbat pori-pori kulit wajah anda

    
* Jangan memencet komedo dan jerawat anda - Jangan sekali-kali memencet, menggaruk, menggosok atau menyentuh jerawat dan komedo anda. ketika anda menyentuh dan memencet jerawat anda, maka akan menimbulkan luka baru yang rawan infeksi dan sebum dari jerawat akan menyebar di bawah kulit kita. Tentu saja tindakan ini akan memperbanyak jerawat anda.

    
* Cuci sarung bantal Anda setiap hari - Wajah Anda menyentuh dan menempel pada sarung bantal Anda setiap hari. Sarung bantal Anda menyerap minyak dari kulit dan mudah ditempeli kotoran dan minyak. Kalau ini menempel pada kulit wajah berulang kali maka bisa dipastikan akan menyebabkan jerawat. Jaga supaya seprai dan bantal anda tetap bersih.

    
* Makan makanan kaya Zinc- Zinc atau seng adalah agen antibakteri dan elemen penting dalam memproduksi kelenjar minyak di kulit. Sehingga makanan rendah Zinc dapat memicu pertumbuhan jerawat. 

Kalau anda menerapkan tips-tips diatas secara teratur maka anda tidak perlu lagi pergi ke dokter kulit untuk mencari cara mengobati jerawat.