Tuesday, March 13, 2012

Inilah Tiga Hal Penyebab Perut Buncit

Inilah beberapa hal yang bisa menjadi Penyebab Perut Buncit . Mengenal untuk mencegah, itu mungkin filosofi yang cocok untuk bahasan blog tips dan cara-cara kali ini. Kita harus mengerti dan memahami hal-hal apa yang bisa menyebabkan perut buncit sehinmgga kita mampu mencegah dan menghilangkan perut buncit kita. Sangat mustahil mengecilkan perut tanpa kita terlebih dahulu menghindari penyebab perut buncit itu sendiri.
  
Tiga Hal Penyebab Perut Buncit

Ketidakseimbangan asupan kalori dengan penggunaan kalori.
Asupan kalori yang berlebihan tanpa diimbangi dengan penggunaan kalori akan menyebabkan kelebihan kalori yang tersisa, kelebihan kalori inilah yang nantinya disimpan dalam tubuh sebagai lemak. Lemak ini merupakan cadangan bagi tubuh saat mengalami kelaparan (starvation). Cadangan lemak disimpan di tempat-tempat tertentu di tubuh, di muka, lengan, paha dan terutama di dalam jaringan visceral di perut. Penumpukan cadangan lemak di perut inilah yang menyebabkan perut terlihat buncit.

Masukan kalori berasal dari asupan makanan, terutama dari tiga komponen penting yakni karbohidrat protein dan lemak. Dengan menakar kebutuhan harian kalori bagi tubuh kita, maka kita bisa menakar jumlah makanan yang pas untuk tubuh kita agar tidak tersimpan dalam bentuk lemak di perut. Begitu juga dengan penggunaan kalori yang terbatas akibat kurangnya aktivitas dan olahraga akan mengurangi penggunaan energi/ kalori yang tersedia yang ujung-ujungnya akan menumpuk di perut. Secara bijak mengatur asupan kalori dari makanan dan memperbanyak aktivitas fisik merupakan prinsip penurunan berat badan dan mengecilkan perut.

 Pola Hidup Tidak Teratur
Sebenarnya tubuh kita berada dalam keteraturan yang disebut circadian rhytm atau rime sirkadian. Ritme sirkadian ini  memiliki jam-jam tertentu untuk melakukan pelepasan hormon tertentu, melakukan perbaikan sel-sel, menyelaraskan fungsi-fungsi tubuh, serta melakukan detoksifikasi dalam tubuh. Jika kita merusak jam-jam biologis ini (ritme sirkadian ini) maka akan terjadi kekacauan dalam tubuh yang berujung pada munculnya berbagai penyakit. Disamping itu terjadi kekacauan pengaturan metabolisme tubuh, yang biasanya akan terlihat dari timbulnya kegemukan dengan perut buncit, muka sendu, dan selalu kelelahan. Tidurlah saat jam tidur anda, makanlah saat jam makan anda, beraktifitaslah saat jam beraktifitas anda jangan kacaukan ritme tubuh anda.

Kesalahan Memahami Diet
Ada beberapa kesalahan atau penyebab kegagalan diet yang akan menghancurkan mimpi anda untuk mengecilkan perut buncit anda. Berikut beberapa mitos yang salah seputar diet:
  • Diet hanya makan sayur. Ini kesalahan pertama dalam diet, tubuh memerlukan bahan makanan yang seimbang. Kalau anda melakukan diet untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut maka tetap jaga keseimbangan antara berbagai komponen makanan seperti karbohidrat, protein, lemak dan serat. Cuma saat berdiet anda harus mengurangi porsi makanan tersebut tanpa mengganggu keseimbangan komposisi masing-masing bahan makanan tersebut.
  • Diet = tidak makan atau melewatkan jam makan. Ini kesalahan terbesar berikutnya. Ada kesalahan logika saat memahami diet ini, anda mungkin berfikir dengan melewatkan waktu makan akan mempercepat keberhasilan diet anda. Hal ini justru akan menjadi bumerang buat anda, dengan melewatkan jam makan maka anda akan merasa sangat kelaparan pada jam-jam berikutnya. Hal inilah biasanya yang akan membuat anda lepas kendali dan melahap semua makanan yang ada, sehingga diet anda menjadi gagal. Untuk menyiasatinya, maka makanlah pada jam makan tetapi dalam jumlah yang lebih kecil dengan komposisi yang seimbang.
Dengan mengadopsi kebiasaan baik dalam berdiet dan memahami penyebabnya maka mindset anda untuk mengecilkan perut akan semakin kuat, yang berimbas pada meningkatnya semangat anda untuk mengecilkan perut buncit anda. Itulah ketiga penyebab perut buncit yang bisa anda kenali, setelah anda memahami penyebabnya dengan sendirinya anda akan tahu cara mengecilakn perut buncit anda.