Saturday, March 10, 2012

Tips Cara Mengobati Sariawan dengan Mudah

Apakah anda mencari cara mengobati sariawan? berikut akan dibahas mengenai tips mengobati sariawan. Sariawan bukan merupakan suatu penyakit yang serius dengan gejala berupa nyeri dan luka pada mukosa mulut dan organ di dalam rongga mulut yang terlihat sebagai bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan cekung. Rasa sakit yang parah membuat kita tersiksa karena tidak bisa menikmati makanan dengan nyaman. Daerah di rongga mulut yang sering terkena sariawan adalah bibir bagian dalam, pipi, lidah, gusi, langit-langit, dan rongga orofaring. Selain itu sariawan juga bisa menyebabkan perdarahan, bengkak serta warna yang memerah. Rasa nyeri hebat ini pula yang membuat kita ingin mengobati sariawan ini dengan segera.

Gangguan sariawan bisa menyerang berbagai umur dan jenis kelamin, bahkan bayi yang baru lahir pun bisa terkena. Kelainan pada rongga mulut ini merupakan penyakit yang paling sering muncul di daerah rongga mulut, sekitar 10% dari populasi menderita sariawan. Wanita umumnya lebih sering menderita sariawan dibandingkan dengan laki-laki. Munculnya sariawan bisa dipengaruhi oleh daya tahan tubuh terutama rongga mulut yang rendah. Manifestasi awal dari sariawan berupa rasa tidak nyaman pada mulut yang kemudian memberat menjadi nyeri yang bertambah parah dan mengganggu aktivitas terutama saat makan dan berbicara. Jika sariawan berlanjut dapat menimbulkan demam karena mulai ada tanda-tanda infeksi.

Penyebab Sariawan
Pada dasarnya munculnya sariawan menggambarkan keadaan daya tahan tubuh yang rendah. Disamping itu ada beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya sariawan, antara lain:
  • Luka pada rongga mulut. luka bisa karena tidak sengaja tergigit, penggunaan gigi palsu, tertusuk bahan makanan, menggosok gigi yang salah atau mengkonsumsi makanan yang panas dan mengiritasi
  • Alergi. Alergi terhadap suatu bahan makanan atau obat-obatan tertentu dapat mengikis dan menimbulkan benjolan dan memar pada rongga mulut
  • Kekurangan vitamin C dan Zat besi. vitamin c yang terdapat pada buah-buahan dan zat besi pada beberapa bahan makanan ikut menjaga daya tahan tubuh dan daya tahan rongga mulut
  • Kondisi daya tahan tubuh yang lemah. stress dan kondisi fisik yang tidak fit akan menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan organisme penyebab sariawan. Siklus haid pada wanita juga sering memicu timbulnya sariawan
  • Kondisi mulut yang tidak terjaga baik. rongga mulut yang tidak terjaga baik akan mengganggu flora normal mulut dan meningkatkan organisme patogen
  • Terlalu banyak mengkonsumsi antibiotik tertentu. antibiotik berlebihan akan ikut membunuh bakteri flora normal di dalam mulut. Flora normal yang berkurang akan menyebabkan bakteri jahat dapat tumbuh dengan cepat dan mengakibatkan sariawan.

Beberapa Hal Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengobati Sariawan
 
Sariawan atau stomatitis ini merupakan peradangan pada mukosa rongga mulut. Sariawan memang bukan penyakit yang serius dan mengancam nyawa, tetapi kalau tidak diatasi dengan baik akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari terutama saat makan dan bicara. Ada beberapa cara sederhana dengan bahan yang mudah dicari untuk mengobati sariawan yang anda derita. Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan yang mudah didapatkan di rumah termasuk beberapa bumbu dapur sederhana untuk mengobati sariawan. Bahan-bahan tersebut antara lain:
  • Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam. Garam memiliki tekanan onkotik yang besar sehingga dapat menarik cairan dan kuman pada luka sariawan. Berkumurlah sekitar 3 sampai 5 menit sebanyak tiga kali sehari. Mungkin anda akan merasakan sedikit perih, tetapi setelah anda lakukan beberapa kali rasa perih tersebut akan menghilang. 
  • Mengkonsumsi Yogurt dan Probiotik. Sangat penting untuk menjaga flora normal dalam mulut. Flora normal adalah bakteri dan organisme baik dalam mulut yang mencegah pertumbuhan organisme jahat penyebab sariawan. Yogurt dan minuman probiotik lainnya mengandung bakteri baik berupa acidophilus atau lactobacilus yang menjaga flora normal rongga mulut sehingga memabntu mempercepat penyembuhan sariwan dan mencegah munculnya sariawan. Minuman ini juga baik untuk menjaga kesehatan usus. 
  • Berkumur dengan beberapa obat tradisional. Berkumurlah dengan air yang dicampur dengan beberapa obat tradisional, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, jus plum, tea tree oil dan air hangat dengan garam, serta perasan daun sirih 
  • Oleskan bawang, pepaya atau teh pada luka sariawan. Oleskan dan tekan lembut bahan-bahan tersebut pada luka sariawan akan mempercepat penyembuhan luka, bahan ini biasanya akan mengikis mukosa yang mati sehingga pertumbuhan mukosa yang baru akan berjalan lebih cepat. Gunakan bawang mentah, pepaya atau kantong teh langsung pada luka sariawan untuk mengobati sariawan tersebut. 
  • Gunakan baking soda. Baking soda bisa berperan sebagai antiseptik dan analgetik yang membantu menghilangkan bakteri jahat dalam rongga mulut sekaligus menghilangkan rasa sakit di daerah tersebut. Campurkan baking soda dengan air secukupnya dan kumurlah beberapa kali dalam seharii. 
  • Vitamin.  Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin B dapat memicu sariawan, selain itu konsumsi vitamin c, asam folat dan zat besi membantu mencegah dan mengobati sariawan.

Kapan Anda Harus Pergi ke Dokter Untuk Mengobati Sariawan Anda?

Dengan metode diatas sebenarnya sudah cukup ampuh untuk mengobati sariawan biasa. Tetapi pada beberapa keadaan sariawan dapat berlangsung hingga lebih dari 2 minggu, pada keadaan ini anda harus segera berobat ke dokter sesegera mungkin. Sariawan yang berkepanjangan mengindikasikan kuman yang menginfeksi terlalu kuat atau daya tahan tubuh anda yang sangat tidak bagus. Dokter anda akan melakukan pemeriksaan dan memberikan beberapa obat khusus untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda dan sekaligus mengobati sariawan anda.